Rangkuman informatika, kelas 8 bab 5

 Rangkuman informatika bab 5, gendis ayudhia putri 8d absen 15

Video :https://youtu.be/ACwCpGfU9kg?si=FfYstlv234B48joY

Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data.

Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet.

Jaringan lokal adalah jaringan komputer berkabel maupun nirkabel yang menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya dalam wilayah terbatas.


Switch atau router adalah perangkat keras jaringan yang menghubungkan perangkat di jaringan komputer dengan menggunakan paket switching untuk menerima dan meneruskan data dari suatu perangkat ke perangkat tujuan.

Perbedaan antara switch dan router adalah pada jaringannya.

Switch menghubungkan perangkat pada jaringan yang sama, sedangkan router dapat menghubungkan perangkat pada jaringan yang berbeda.


Konfigurasi Jaringan Komputer

Ada dua komponen utama dalam sebuah jaringan komputer, yaitu node dan link. Node adalah titik atau perangkat yang dapat menghasilkan input data atau menerima data atau juga kedua-duanya dalam sebuah jaringan.

Contohnya:

Komputer

Hp

Switch

Router

dll


Link adalah jalur transimisi data/informasi antar-node. Nama lain dari link adalah edge.

Routing pada Jaringan Komputer

Proses routing adalah proses menentukan jalur yang dilalui sebuah paket data yang dikirim antar-dua buah perangkat. Rute terbaik biasanya merupakan jalur terpendek yang dapat dilalui. 


Komunikasi Data pada Ponsel

Semuanya pasti pada punya smartphone atau ponsel kan? Pernah ga sih terpikirkan bagaimana ponsel kita itu bisa mendapatkan sinyal? Untuk dapat digunakan sebagai alat komunikasi, ponsel memerlukan suatu elemen jaringan seluler yang berperan penting sebagai pemancar dan penerima sinyal dari ponsel, yaitu BTS (Base Transceiver Station).


BTS adalah suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan komputer.

BTS di setiap wilayah itu ada banyak ya dan ponsel kita akan selalu memilih BTS yang terdekat ketika kita berpindah lokasi sehingga sinyalnya kuat.





Seperti gambar diatas, maka ponsel akan menangkap dari BTS A, karena yang terdekat. Nah ada juga nih beberapa faktor yang mempengaruhi kekuatan sinyal, yaitu:

-Jarak dari BTS, semakin dekat sinyal semakin kuat, semakin jauh sinyal semakin lemah

-Material bangunan, kalau materialnya terbuat dari baja atau beton itu melemahkan sinyal ya, karena sinyalnya terhalang.

-Halangan, pada dasarnya semua jenis halangan akan mempengaruhi kekuatan sinyal, apabila tidak ada halangan sama sekali seperti di lapangan terbuka sinyal akan semakin kuat.

-Cuaca, kok bisa? Karena sinyal berjalan di gelombang radio melalui atmosfer, kalau hujan yaa terganggu langsung sinyalnya.

-Pengguna lain dalam jaringan yang sama


Phishing adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui pengguna dengan maksud untuk mencuri data pengguna. Web phising merupakan situs palsu yang menyerupai situs aslinya.

Misalkan niiih, kita lagi buka-buka e-mail, eh ada notifikasi dari Facebook bahwa akun kalian terkunci dan untuk membukanya harus mengklik sebuah link.

Ketika di klik tampilannya bener-bener sama persis nih seperti facebook, padahal kalau kalian teliti pada bagian alamat / addressnya bukan dari facebook.

Biasanya kan diakses melalui facebook.com, nah pas kita klik link dari e-mail phising itu, situsnya ternyata facebook.similikitiinijangandiklik.com.


Clear browsing data artinya kita akan menghapus semua data situs yang dikirim browser ke komputer kita, nantinya ga akan ada data tersimpan lagi, ibarat baru install ulang browsernya seperti pertama kali lagi. (atau sejam terakhir, atau seminggu terakhir, nanti ada pilihannya, dicoba aja)

Cookies and other site data artinya kita akan menghapus data-data saja tanpa menghapus yang lain-lain.


https://youtu.be/ACwCpGfU9kg?si=FfYstlv234B48jo

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa saya memilih sekolah Labschool?

Rangkuman INFTK Praktika Lintas Bidang Informatika - Gendis Ayudhia Putri 7C/13

Last Run Kelas 9 SMP Labschool Jakarta - The Monokrom Daily