Rangkuman INFORMATIKA Bab 6 - Gendis Ayudhia Putri

Rangkuman INFORMATIKA Bab 6

Gendis Ayudhia Putri 7C-13

APA ITU DATA?

Data berasal dari kata dalam bahasa Latin datum yang artinya adalah fakta, keterangan yang benar dan nyata yang dapat dikumpulkan dan dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan). Dalam bidang Informatika, data disimpan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer, seperti representasi digital dari teks, angka, gambar, grais, suara (audio) atau video. Data dapat bersifat kualitatif yang berarti menggambarkan sesuatu atau kuantitatif yang berupa informasi numerik (angka).

Satuan Ukuran Data = Satuan yang disimpan dalam komputer mempunyai satuan byte (B), KB, MB, GB, TB, PB.


Apa itu Analisis Data?

analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis.

Tujuan utama dari analisis data ialah untuk menginterpretasi, yaitu menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat. Proses menganalisis data mencakup mencari pola, kesamaan, perbedaan, kecenderungan (tren), atau hubungan lainnya, serta memikirkan tentang makna dari pola-pola ini.

Apa itu Interpretasi Data?

Interpretasi adalah memberikan kesan, pendapat, atau pandangan terhadap sesuatu; interpretasi juga dapat berarti menafsirkan data sehingga data menjadi bermakna. Prosesnya ialah dengan menganalisis, mempelajari hubungan antardata berdasarkan sudut pandang tertentu, dan menyimpulkan hubungan yang dipelajari.

Mengapa Perlu Analisis Data? Menganalisis dan menginterpretasi data diperlukan untuk menyimpulkan atau mengambil keputusan. Kalian akan dapat mengambil kesimpulan dengan baik berdasarkan data. Misalnya, untuk menentukan pakaian hangat atau dingin, akan lebih akurat jika mempunyai data temperatur ruangan daripada hanya dengan perasaan. 


MENGENAL PERKAKAS

Mengenal Perkakas Ketika kalian membuka aplikasi Microsoft Excel pertama kali, akan muncul tampilan seperti ini. Microsoft Excel sudah menyediakan beberapa template yang dapat langsung digunakan. Untuk aktivitas ini, pilih menu “Blank Workbook”.

Blank Workbook akan menampilkan halaman worksheet kosong seperti gambar di atas. Untuk menyimpan dokumen Worksheet, pilih menu File lalu Save As.


WORKSHEETS

Setiap workbook dapat terdiri atas banyak worksheets. Setiap worksheet terdiri atas kumpulan cells, yang terbentuk dari baris/row dan kolom/column.

A. Cell and Range

Cell terbentuk dari titik pertemuan antara kolom/column dan baris/row. Huruf menggambarkan urutan kolom dan angka menggambarkan urutan baris. Contoh: cell D3, artinya cell berada di kolom D dan baris 3, yang menunjukkan alamat dari cell tersebut. Kumpulan dari beberapa cell disebut range. Contoh range: B4:B5, artinya cell terpilih adalah baris 4 dan 5 dari kolom B. Range dapat terdiri atas sekumpulan cell dari kolom yang sama (contoh: F2:F5), sekumpulan cell dari baris yang sama (contoh: C1:G1) maupun sekumpulan cell dari kolom dan baris tertentu (contoh: A3:C5). 



Cell References

Dalam file worksheet, kalian dapat mengambil data yang berasal dari cell lain. Dalam pemanggilan cell tersebut, terdapat tiga cara, yaitu relative,absolute, dan mixed references. 

Pemanggilan data maupun formula pada Worksheet selalu menggunakan tanda sama dengan ("=") di bagian depan. Contoh: =A4 atau=A1+A2.


Format Cells

Di file Worksheet, kalian dapat mengatur format tampilan untuk tiap cell-nya Tanpa mengubah nilai dari isi cell yang ada. Secara umum, itur Format Cells ini dapat diakses dengan melakukan klik kanan pada cell yang ingin diatur lalu pilih menu Format Cells. Lalu, akan muncul dialog box yang berisi pilihan untuk mengatur sesuai format yang disediakan. Format yang dapat diatur terkait dengan Number,Alignment, Font, Border, Fill, dan Protection.


Alignment

Dengan fitur ini, kalian dapat mengatur posisi dari isi Cells. Fitur ini juga dapat diakses dengan lebih mudah melalui tab Home itur Alignment. Posisi yang dapat diatur adalah posisi text secara horizontal dan vertikal serta arah dari text.

Font = Melalui fitur ini, kalian dapat mengatur tampilan dari text yang ada. Yang dapat diatur dan diubah adalah pilihan font, style, ukuran, warna, dan efeknya. Fitur ini juga dapat diakses langsung melalui tab Home itur Font. 

 Border = Fitur ini dapat diakses langsung melalui tab Home fitur Font. Kalian dapat mengatur tampilan dari cell, yaitu apakah ada border, bentuk style garisnya, warna, dan posisi garisnya. 

 Fill = Melalui itur ini, kalian dapat mengatur warna cell. Fitur ini juga dapat diakses langsung melalui tab Home fitur Font.


C. Pengolahan Data Dasar

Fokus kegiatan ini ialah agar kalian terbiasa dengan fungsi dasar, fungsi

statistik dasar, dan logical function pada Worksheet. Kalian akan mengikuti

contoh yang tersedia, lalu kalian akan berlatih mengerjakan kasus secara

mandiri. Setelah kita mengenal bagaimana menampilkan data yang baik,

sekarang saatnya, kalian akan belajar cara mengolah data dengan baik.

1. Fungsi Dasar

Perkakas (tools) pengolah lembar kerja memiliki banyak formula, tetapi ada

beberapa formula yang sering digunakan. Kalian akan mempelajari fungsi-

fungsi tersebut. Semua penggunaan formula dapat memanfaatkan relative,

absolute atau mixed cell reference.

a. Sum dan Count

Fungsi yang paling sering digunakan. SUM untuk menghitung total jumlah

nilai pada range tertentu. COUNT untuk menghitung jumlah Data pada range

tertentu. Kriteria untuk menjumlahkan bisa lebih dari satu.

Ingat: sebuah cell adalah range; range terkecil adalah cell.

b. SUMIF

Untuk satu kondisi tertentu dan datanya sama dengan yang akan dijumlahkan,

dapat langsung menggunakan SUMIF dengan 2 parameter. Apabila kondisi

dan data yang akan dijumlahkan berada di baris atau kolom yang berbeda,

dapat menggunakan SUMIF dengan 3 parameter.

Kalian akan mencoba beberapa contoh implementasi fungsi SUMIF

menggunakan sebagian data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke

Indonesia pada tahun 2017.



Comments

Popular posts from this blog

Mengapa saya memilih sekolah Labschool?

Rangkuman INFTK Praktika Lintas Bidang Informatika - Gendis Ayudhia Putri 7C/13

ULANGAN INFTK GENDIS AYUDHIA PUTRI ANALISIS DATA